Apr
9
2013

Tips Sukses Menghadapi Kompetitor

Beberapa hari ini saya dikejutkan oleh salah satu kompetitor, yang menurut saya sangat terlihat seperti kepanikan semata.

Mulai dari pasang baligho masuk komplek, pasang petunjuk masuk, pasang baner gede2 dan segala asesoris yang melekat.. walau terkesan tidak Eye Catching.. dan ada yang kurang harusnya pasang lampu Strobo atau lampu disco.. tuk lebih menarik perhatian 😀

Dengan Promosi seperti yang menurut saya terlalu berlebihan yang membuat saya tersenyum sipu.. *OverActingBanget.. 🙂

Anda mungkin akan heran dengan kami.. tanpa Spanduk yang menyolok dan posisi kami jauh dari keramaian.. tapi Alhamdulillah  🙂

Persaingan menjadi hal mutlak yang harus dihadapi oleh para pebisnis.  Strategi kompetitor dalam merebut pasar tak jarang membuat kita panik.

Strategi potongan harga kerap menjadi pilihan jalan keluar yang kita ambil.

Cara ini bisa saja menaikkan angka penjualan dengan risiko berkurangnya keuntungan.

Namun, apabila cara ini terus diterapkan bisa jadi justru menyeret bisnis yang telah dibangun ke dalam jurang kebangkrutan.

Lalu bagaimana cara sukses menghadapi kompetitor?

 

 

Membuat bisnis Anda terlihat berbeda dan unggul dari yang lain adalah cara yang cerdas dalam menghadapi kompetitor.

 

Simak tips berikut ini:

1.      Produk unggulan

Tak perlu panik dengan ulah kompetitor yang mulai menarik hati pasar. Lihat produk apa saja yang Anda punya, bandingkan dengan produk-produk kompetitor dan perhatikan produk apa yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Jadikan produk itu sebagai produk unggulan Anda.

2.      Peningkatan kualitas

Kualitas menjadi aset yang sangat berharga dalam sebuah usaha. Kualitas produk atau pelayanan yang tidak baik tentu bisa membuat pelanggan kabur dan membuat para calon pembeli tidak lagi tertarik. Tak perlu melakukan perang harga dengan memberikan diskon gila-gilaan untuk terlihat menarik. Tingkatkan saja kualitas pelayanan dan produk lebih dari yang kompetitor lakukan, maka para pelanggan akan setia dan calon pembeli pun akan datang.

3.      Fitur berbeda

Apabila produk Anda dan kompetitor mirip, buatlah fitur unggulan yang berbeda dari kompetitor. Pembeli akan tertarik dengan produk Anda yang memiliki fitur unggul meskipun harganya di atas produk kompetitor. Contohnya Apple, meskipun menjadi gadget termahal, namun fitur unggulannya membuat para fans Apple tetap setia membeli produk Apple.

4.      Fasilitas dan Kenyamanan

Di era digital ini, hampir semua hal dilakukan serba digital demi alasan kenyamanan dan kecepatan. Menjamurnya situs belanja online bisa menjadi indikatornya. Dengan memberikan fasilitas dan kenyamanan kepada calon pembeli atau customer, misalnya saja sebuah klinik melayani konsultasi online dengan pasiennya, tentu akan memberikan perbedaan dan membuat produk dan jasa Anda terlihat menarik.

Tips sukses di atas merupakan cara yang paling dasar dalam menghadapi kompetitor bisnis. Dengan melakukan cara di atas Anda dapat sukses bertahan atau bahkan menjadi pemenang dalam kompetisi di dunia bisnis tanpa harus mengurangi keuntungan.

(sumber: www.kabarukm.com)

Leave a comment

modal_jempol
Cozmeed_Network
mlm_software

Alamat Kami

Barokah Stocklot's
Taman Pondok Mas Indah
Jl. Pondok Mas Tengah No. 8 Baros
Cimahi - Bandung
Jawa Barat Indonesia 40532

Arah TOL Pasteur - Bandung
Keluar TOL Cimahi-Baros-Leuwigajah
Depan Apartement The EDGE
CONDOTEL HORIZON BAROS

KAMI RUMAH
DEPAN MASJID PONDOK MAS
BUKAN RUKO..Lhoo:)
TIDAK BUKA RETAIL/TOKO
JANGAN SALAH MASUK YAA..:)


HOTLINE
XL : 0817 203 888
Indosat : 0858 632 88888
Telkomsel : 0822 406 88888

.:: Jam Operasional ::.
Senin - Sabtu : 09.00 - 17.00
Minggu : TUTUP
Hari Libur Nasional : TUTUP


Page Rank