Jul
6
2011

Racik Sepatu Berawal dari Tumpukan Kain Batik Sisa

Tya Eka Yulianti – detikBandung

 

Bandung – Awal mula Agnes Tandia (22) meracik sepatu dari kain batik terbilang unik. Sebelumnya, lulusan Kriya Tekstil angkatan itu senang membuat jaket batik membuat jaket dari kain batik. Dari pembuatan jaket, terdapat sisa-sisa potongan kain batik atau kain perca yang menumpuk.

“Waktu kuliah tingkat II, saya bikin jaket batik. Dari bikin jaket selalu ada sisa perca. Lalu mikir gimana caranya untuk manfaatkan kain perca itu,” kata Agnes saat berbincang dengan detikbandung di gelaran Pesona Batik Nusantara di Pasteur Hyper Point, Jalan Dr Djunjunan, Kota Bandung.

Ia pun akhirnya memilih membuat sepatu dari kain perca batik tersebut dengan merk Kulkith. Nama Kulkith sendiri merupakan plesetan dari kata Cool Kid . “Soalnya sepatu kan salah satu pelengkap fashion yang rutin dibeli juga. Lagian butuh kainnya juga nggak banyak,” tuturnya.

Bahan kain batik yang digunakan untuk sepatu, menurut Agnes bisa jenis apa saja asalkan kainnya tidak tipis. Ia pun mengaku mendapatkan pasokan bahan kain batik di Bandung meski motif yang digunakan adalah motif daerah diluar Bandung.

“Yang penting kainnya tebal dan tidak tipis seperti bahan sutera. Bahannya gampang didapat kok. Saya ngga perlu ke daerahnya langsung karena di Bandung pun supliernya sudah banyak,” tuturnya.

Menurut Agnes, untuk membuat sepatu batik ini tidaklah sulit. Namun yang sulit adalah saat konsumen meminta motif batik tertentu yang belum tentu dapat ditemukan lagi di pasaran. Di Kulkith, Agenes pun mengaku tak menerima pesanan dengan kain batik yang dibawa sendiri.

Kini, pembuatan jaket batik malah berkurang seiring makin diminatinya sepatu batik hasil kreasinya itu. Selain sepatu dan jaket, di Kulkith tersedia tas dan baju batik.
(tya/bbn)

 

Sumber : http://bandung.detik.com/read/2010/12/02/083642/1507234/669/racik-sepatu-berawal-dari-tumpukan-kain-batik-sisa

Comments are closed.

modal_jempol
mlm_software

Alamat Kami

Barokah Stocklot's
Taman Pondok Mas Indah
Jl. Pondok Mas Tengah No. 8 Baros
Cimahi - Bandung
Jawa Barat Indonesia 40532

Arah TOL Pasteur - Bandung
Keluar TOL Cimahi-Baros-Leuwigajah
Depan Apartement The EDGE
CONDOTEL HORIZON BAROS

KAMI RUMAH
DEPAN MASJID PONDOK MAS
BUKAN RUKO..Lhoo:)
TIDAK BUKA RETAIL/TOKO
JANGAN SALAH MASUK YAA..:)


HOTLINE
XL : 0817 203 888
Indosat : 0858 632 88888
Telkomsel : 0822 406 88888

.:: Jam Operasional ::.
Senin - Sabtu : 09.00 - 17.00
Minggu : TUTUP
Hari Libur Nasional : TUTUP

Facebook



Page Rank