Mar
12
2013

Kisah Ciputra Memulai Bisnis Tanpa Modal

ciputra

Foto: Ciputra (dok.detikFinance)

Jakarta -Calon pengusaha sekarang biasanya mengeluhkan soal keterbatasan modal untuk mendirikan atau mengembangkan usaha. Tapi siapa sangka, memulai usaha bisa dilakukan tanpa banyak modal. Bagaimana caranya? Pengusaha senior Ciputra mengisahkan perjalanan hidupnya saat memulai usaha tanpa modal.

“Bagaimana saya memulai uang tanpa uang satu sen pun? Modal saya penjadi pengusaha hanya istri saya dan makanan minuman dengan penuh rasa kasih sayang. Dulu saya harus datang kepada gubernur DKI Jakarta untuk joint venture bisnis melalui Nasakom. Sebelumnya saya harus menyusun konsep saya sendiri agar permintaan joint venture ini tidak ditolak,” kata Ciputra saat ditemui di Gedung DBS Bank Tower, Jakarta, Sabtu (24/8/2013).

Ciputra mengatakan, saat itu usianya baru 31 tahun dan baru tamat dari dunia pendidikan. Ia mengaku belum punya pengalaman dan modal untuk membangun usaha. Namun ia mempunyai satu konsep menarik membangun kota Jakarta.

“Bagaimana mencari modal? Umur 31 tahun saya tamatan tanpa punya uang dan pengalaman untuk usaha. Pak Sumarno saat itu yang menjadi gubernur (DKI) mengatakan apa yang konsep apa yang kamu tawarkan kepada saya? Saya jawab, saya sanggup meremajakan kota Jakarta. Kemudian ditanya modal kamu dari mana? Saya sudah bicarakan dengan pengusaha yang lain. Saya bilang pada gubernur, saya kenal investor yang punya banyak uang,” tuturnya

Akhirnya joint venture antara investor dan Pemda DKI Jakarta terjadi. Setelah itu Taman Impian Jaya Ancol juga Bintaro jaya dibangun.

“Kemudian investasinya dibagikan dengan cara bagi hasil, kemudian sampai akhirnya saya buat perusahaan. Modal itu saya katakan akan menyusul,” ujarnya.

(wij/dnl)

Sumber : http://finance.detik.com/read/2013/08/24/175833/2339593/68/kisah-ciputra-memulai-bisnis-tanpa-modal

Leave a comment

modal_jempol
Cozmeed_Network
mlm_software

Alamat Kami

Barokah Stocklot's
Taman Pondok Mas Indah
Jl. Pondok Mas Tengah No. 8 Baros
Cimahi - Bandung
Jawa Barat Indonesia 40532

Arah TOL Pasteur - Bandung
Keluar TOL Cimahi-Baros-Leuwigajah
Depan Apartement The EDGE
CONDOTEL HORIZON BAROS

KAMI RUMAH
DEPAN MASJID PONDOK MAS
BUKAN RUKO..Lhoo:)
TIDAK BUKA RETAIL/TOKO
JANGAN SALAH MASUK YAA..:)


HOTLINE
XL : 0817 203 888
Indosat : 0858 632 88888
Telkomsel : 0822 406 88888

.:: Jam Operasional ::.
Senin - Sabtu : 09.00 - 17.00
Minggu : TUTUP
Hari Libur Nasional : TUTUP

Facebook



Page Rank