Jun
6
2014

Jangan Mengharapkan Ucapan “Terima Kasih” dari Seseorang

terima_kasih

Jangan Mengharapkan Ucapan “Terima Kasih” dari Seseorang

Allah SWT mencipta hamba agar mereka selalu mengingat-Nya. Dan Dia memberi karunia kepada makhluk, agar mereka mensyukuri-Nya. Akan tetapi, mereka justru banyak yang menyembah dan bersyukur pada selain Allah.

Tabiat mengingkari, menentang, dan meremehkan nikmat adalah tabiat umum manusia. Anda tak perlu heran bila anda menemukan manusia mengingkari kebaikan anda dan mencampakkan budi baik yang telah anda lakukan. Bahkan tak usah resah, bila mereka menganggap anda musuh, melempar anda dengan ketapel kedengkian yang telah mendarah daging. Mereka tak memiliki alasan selain, karena anda telah berbuat baik pada mereka ….

”Dan mereka tidak mencela (Allah dan Rasul-Nya), melainkan karena Allah dan Rasul-Nya telah melimpahkan karunia-Nya kepada mereka….” (at-Taubah:74)

Coba anda tela’ah catatan sejarah dunia ini, niscaya anda akan menemukan kisah seorang ayah yang memelihara dan mendidik anaknya; memberiknya makan, pakaian dan minuman; mendidiknya hingga menjadi pandai; rela begadang demi sang anak; rela menjadi lapar agar sang anak kenyang; dan rela bersusah-payah agar si anak bahagia.

Namun manakala sang anak telah dewasa dan kuat maka ia menjadi seperti anjing yang menggonggong; ia meremehkan orang tua, menghinanya, memarahinya, durhaka padanya, berteriak keras padanya dan menyiksanya dengan siksaan pedih.

Karena itu, barangsiapa yang kebaikannya diabaikan dan dilecehkan oleh manusia-manusia yang menyalahi fitrah, maka seyogyanya ia menghadapi semua itu dengan kepada dingin dan dengan rasa bahagia menunggu datangnya pahala dari Dzat yang simpanan karunia-Nya tak pernah habis.

Ajakan ini tidak mengajak anda meninggalkan kebaikan dan berbuat baik pada orang lain, akan tetapi agar anda tidak terpengaruh dengan penentangan dan pengingkaran orang lain terhadap kebaikan anda.

Maka janganlah anda bersedih hati dengan apa yang mereka perbuat.

Anda harus bersyukur pada Allah karena mampu berbuat baik ketika orang-orang sekitar anda berbuat buruk. Dan ketahuilah, tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah.

“Sungguh, kami memberi makan padamu hanyalah karena mengharap ridha Allah, kami tidak mengharap balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terima kasih.” (al-Insan 9)

Masih banyak orang berakal yang hilang kendali saat menghadapi kritikan pedas dari orang bodoh di sekitar dia. Seolah mereka belum pernah mendengar wahyu agung yang menjelaskan tentang golongan manusia yang gemar mengingkari Allah.

“……Akan tetapi setelah Kami menghilangkan bahaya itu, dia (kembali) melalui (jalannya yang sesat) seolah-olah dia tidak pernah berdoa kepada Kami untuk (menghilangkan) bahaya yang telah menimpanya…” (Yunus: 12)

Anda tak perlu terkejut saat menghadiahkan pena kepada manusia bebal, namun ia malah memakai pena itu untuk melukis cemoohan dan cacian pada Anda! Atau jangan kaget, bila tongkat yang anda berikan untuk menggiring domba, malah dipakai untuk memkul kepala anda!

Itulah watak asli manusia, suka mengingkari Sang Pencipta!

Bila itu perlakuan manusia kepada Sang Pencipta, apalagi perlakuannya terhadap anda. Sang penyair berkata,

“Setiap hari kuajarkan memanah, namun saat ia lihai malah memanahku.”

Sumber :  dari berbagai Sumber…

About the Author:

Leave a comment

modal_jempol
Cozmeed_Network
mlm_software

Alamat Kami

Barokah Stocklot's
Taman Pondok Mas Indah
Jl. Pondok Mas Tengah No. 8 Baros
Cimahi - Bandung
Jawa Barat Indonesia 40532

Arah TOL Pasteur - Bandung
Keluar TOL Cimahi-Baros-Leuwigajah
Depan Apartement The EDGE
CONDOTEL HORIZON BAROS

KAMI RUMAH
DEPAN MASJID PONDOK MAS
BUKAN RUKO..Lhoo:)
TIDAK BUKA RETAIL/TOKO
JANGAN SALAH MASUK YAA..:)


HOTLINE
XL : 0817 203 888
Indosat : 0858 632 88888
Telkomsel : 0822 406 88888

.:: Jam Operasional ::.
Senin - Sabtu : 09.00 - 17.00
Minggu : TUTUP
Hari Libur Nasional : TUTUP


Page Rank