Jan
10
2013

Dahlan Iskan : Jadi pengusaha itu harus pernah bangkrut dan kena tipu

dahlan-jadi-pengusaha-itu-harus-pernah-bangkrut-dan-kena-tipuMerdeka.com – Seorang pengusaha seolah tidak bisa dipisahkan dengan kata bangkrut dan kena tipu. Setiap orang yang memutuskan menjadi pengusaha kerap dibayangi risiko bangkrut dan ditipu.

Bagi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, hal tersebut tidak perlu ditakutkan. Sebab, jika ingin menjadi pengusaha sukses, harus merasakan bangkrut dan kena tipu. Risiko tersebut jangan dijadikan momok bagi pengusaha muda. Karena jiwa anak muda identik dengan pantang menyerah, tahan banting dan siap untuk bangkit lagi jika sudah terjatuh dalam bisnis.

“Karena anak muda itu tahan bantingan, anak muda itu bisa tidak tidur dua hari dua malam mengejar ambisi. Saya tidak tidur semalam besoknya masuk angin,” ungkap Dahlan.

Dalam pandangannya, semua pengusaha pasti pernah merasakan bangkrut dan ditipu. Minimal, seorang pengusaha pasti merasakan kesulitan dalam bisnisnya, tidak selalu mulus.

“Kenapa harus bangkrut ? Ini untuk membuktikan siapa pengusaha sebenarnya dan siapa pengusaha palsu,” ucap Mantan dirut PLN ini.

Dahlan melanjutkan, jika seorang pengusaha pernah bangkrut dan berhasil, maka hasilnya akan lebih dahsyat dari yang diperoleh sebelum bangkrut. Tapi, itu hanya berlaku bagi pengusaha yang punya komitmen tinggi untuk bangkit dari keterpurukan dan kebangkrutan. “Mungkin dari 1000 orang pengusaha tidak semua bangkit lagi. Itu adalah seleksi alam,” tegasnya

Tidak hanya itu, kebangkrutan dalam bisnis sangat dimungkinkan terjadi berkali-kali. Kebangkrutan merupakan bagian dari proses seleksi yang akan membuktikan jiwa entrepreneur.

“Sekali lagi mungkin bangkrut, tahap tiga. Dan disitulah tidak semua orang tangguh. Karena ujiannya tidak lulus, tapi yang tangguh akan berdiri lagi,” tambahnya.

Dalam pandangannya, seorang pengusaha juga harus berani menagih utang yang memang haknya. Kalau perlu kata Dahlan, datang jam 4 pagi untuk menagih utang.

Sebagai seorang entrepreneur, Dahlan mendorong anak muda untuk bisa menjadi seorang pengusaha yang tangguh. Bisnis harus dirintis sejak masih berusia muda. “Kenapa harus dimulai muda, supaya ketika bangkrut usaha kecil dan sakitnya itu tidak menyakitkan. Masih dari tempat yang agak rendah,” jelasnya.

Leave a comment

modal_jempol
mlm_software

Alamat Kami

Barokah Stocklot's
Taman Pondok Mas Indah
Jl. Pondok Mas Tengah No. 8 Baros
Cimahi - Bandung
Jawa Barat Indonesia 40532

Arah TOL Pasteur - Bandung
Keluar TOL Cimahi-Baros-Leuwigajah
Depan Apartement The EDGE
CONDOTEL HORIZON BAROS

KAMI RUMAH
DEPAN MASJID PONDOK MAS
BUKAN RUKO..Lhoo:)
TIDAK BUKA RETAIL/TOKO
JANGAN SALAH MASUK YAA..:)


HOTLINE
XL : 0817 203 888
Indosat : 0858 632 88888
Telkomsel : 0822 406 88888

.:: Jam Operasional ::.
Senin - Sabtu : 09.00 - 17.00
Minggu : TUTUP
Hari Libur Nasional : TUTUP

Facebook



Page Rank