Jan
8
2013

8 Tips Memulai Bisnis bagi Pemula

 

memulai_usaha

Anda mungkin pernah mendengar ungkapan bahwa “memulai sesuatu adalah bagian yang tersulit”. Hal ini tidak berbeda denganmemulai bisnis. Bagi sebagian orang, memulai usaha adalah bagian tersulit dalam berbisnis.Nah, kesulitan ini bukanlah tidak bisa diatasi. Asal ada niat, kesulitan semacam ini tentunya bukan menjadi halangan Anda dalam berbisnis.Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu wirasusaha pemula dalam memulai usaha, yang dilansir Ciputra Enterpreneurship.

 

  • Miliki mimpi

Bermimpilah Anda akan memiliki perusahaan besar dengan omzet hingga milyaran rupiah. Mimpi merupakan awal dari kesuksesan yang besar. Mimpi inilah yang akan menjadi motivasi untuk mendapatkan ide dalam usaha Anda.

 

  • Persiapkan Mental yang Kuat

Menjadi pengusaha dan memiliku usaha sendiri tentunya berbeda dengan menjadi karyawan di suatu perusahaan milik orang lain. Menjadi pengusaha berarti Anda harus menginvestasika kembali penghasilan Anda, berbeda dengan menjadi karyawan yang bisa menghabiskan gajinya. Selain itu, Anda juga harus siap mengorbankan waktu dan tenaga Anda untuk membangun usaha ini. Karena itu Anda harus terlebih dulu memiliki mental pengusaha dalam diri Anda.

 

  • Buatlah Rencana Bertahap

Rencana adalah hal yang penting. Mualilah membuat rencana dari modal. Jika Anda hanya memiliki modal sedikit, ikuti saja peraturannya. Pikirkanlah secara matang dalam menggunakan modal tersebut. Rencanakan sesuai kepentingan dan yakinlah bahwa keuntungan akan datang sendiri bila Anda menjalankan usaha dengan benar. Ingatlah tidak ada di dunia ini yang instan.

 

  • Miliki Visi dan Misi yang Jelas

Visi dan misi penting bagi Anda untuk menentukan arah dalan berbisnis. Dengan begitu Anda bisa lebih fokus dalam menjalankan bisnis Anda ini. Tanpa visi dan misi, maka Anda akan kehilangan arah dan fokus. Ini bisa saja berakhir dengan kebangkrutan. Milikilah visi usaha untuk jangka panjang.

 

  • Susun Rencana dan Ide Kreatif

Berusahalah untuk terus mencari ide bisnis yang kreatif. Baik dari segi produk yang sedang Anda kerjakan, pengelolaan modal,penjajakan jaringan hingga rencana kreatif lainnya yang lebih efektif. Ide kreatif juga diperlukan agar Anda bisa masuk ke dalam bisnis yang menegangkan. Milikilah rencana cadangan dan ide yang kreatif.

 

  • Tempat Usaha yang Strategis

Tempat yang strategis bisa dikatakan menjadi salah satu kunci keberhasilan suatu usaha. Namun bukan berarti tempat yang startegis adalah segala-galanya. Bila ternyata Anda tidak bisa mendapatkan lokasi yang strategis, Anda bisa menjual hal yang lain, misalnya pelayanan yang cepat, ramah, dan sopan atau jasa atau produk yang berbeda dari kompetitor Anda.

 

  • Sikapi Kegagalan dengan Cerdas

Risiko kegagalan tentunya ada salam setiap bisnis. Sebagai pengusaha, kegagalan seperti sudah menjadi sahabat setiap harinya. Ketika Anda menemui kegagalan, maka segera cari penyebabnya dan sikapi kegagalan tersebut dengan cerdas.

 

  • Gunakan Keuntungan dengan Cerdas

Ingatlah, menjadi pengusaha berarti Anda harus menginvestasikan kembali sebagian dari laba atau keuntungan yang Anda dapat dari bisnis Anda. Anda harus menggunakan laba tersebut dengan bijak dan cerdas untuk mengembangkan usaha Anda. Jangan terlena dengan laba yang besar sehingga melupakan kelanjutan bisnis Anda.

 

Selamat dan semoga sukses memulai usaha Anda.

 

Dikutip dari : http://forum.kompas.com/ekonomi-umum/219830-8-tips-memulai-bisnis-bagi-pemula.html

 

Leave a comment

modal_jempol
mlm_software

Alamat Kami

Barokah Stocklot's
Taman Pondok Mas Indah
Jl. Pondok Mas Tengah No. 8 Baros
Cimahi - Bandung
Jawa Barat Indonesia 40532

Arah TOL Pasteur - Bandung
Keluar TOL Cimahi-Baros-Leuwigajah
Depan Apartement The EDGE
CONDOTEL HORIZON BAROS

KAMI RUMAH
DEPAN MASJID PONDOK MAS
BUKAN RUKO..Lhoo:)
TIDAK BUKA RETAIL/TOKO
JANGAN SALAH MASUK YAA..:)


HOTLINE
XL : 0817 203 888
Indosat : 0858 632 88888
Telkomsel : 0822 406 88888

.:: Jam Operasional ::.
Senin - Sabtu : 09.00 - 17.00
Minggu : TUTUP
Hari Libur Nasional : TUTUP

Facebook



Page Rank